5 Cara Memanfaatkan Internet untuk Konsep Smart City

Memanfaatkan Internet untuk Konsep Smart City

Tinggal di sebuah kota yang nyaman dan juga suportif pastinya menjadi impian bagi banyak orang di Indonesia. Tidak heran apabila konsep smart city terus didengungkan akhir-akhir ini. Bisa dibilang, mereka yang tinggal di kota dengan konsep kota pintar akan mendapatkan banyak sekali manfaat. Terutama karena internetnya dimanfaatkan dalam 5 cara seperti berikut ini.

  1. Smart Lighting

Tidak bisa dipungkiri bahwa kebutuhan akan penerangan atau lampu menjadi hal mutlak yang dibutuhkan bagi setiap kota. Apalagi untuk kota yang menerapkan konsep kota pintar di dalamnya. Untungnya, kota yang menerapkan konsep kota pintar memanfaatkan internet pada lampu atau penerangan di setiap kotanya. Hal ini juga disebut dengan konsep smart lighting.

Dengan konsep smart lighting ini akan membuat banyak penerangan atau lampu di kota akan diatur sepenuhnya dengan internet. Sebut saja seperti lampu penerangan jalan hingga lampu tanda rambu lalu lintas. Bukan hanya mengatur menyalakan atau mematikannya tapi juga lebih dari itu. Terutama mengontrol apabila ternyata lampu rambu lalu lintas ternyata rusak.

  1. Smart Parking

Kebutuhan akan parkir yang memadai dan mudah bisa dibilang hal mutlak dibutuhkan bagi setiap orang yang tinggal di kota besar. Namun seperti yang diketahui bahwa bukan perkara mudah untuk mewujudkan satu hal ini. Seperti yang diketahui kesulitan ini juga dipengaruhi dengan berbagai faktor yang ada. Mulai dari lahan terbatas hingga tidak adanya pengaturan.

Untungnya, konsep kota pintar sudah bisa memanfaatkan internet untuk bisa menjadi solusi atas masalah ini. Solusinya adalah dengan menghadirkan konsep smart parking pada setiap penghuninya. Dengan konsep ini, setiap penduduk bisa memesan tempat parkir terlebih dulu bahkan sebelum sampai di tempat tujuan. Sesuatu yang pastinya akan lebih memudahkan.

  1. Waste Management

Pemanfaatan internet berikutnya pada konsep smart city adalah pengaturan pada sampah yang ada di kota. Seperti yang diketahui bahwa masalah sampah adalah masalah serius yang seringkali tidak pernah ada solusinya di berbagai kota besar. Untungnya, bagi kota yang sudah menerapkan konsep kota pintar telah ada solusi masalah tersebut yaitu adanya waste management.

Seperti namanya, konsep waste management ini berguna untuk mengatur pada berbagai sampah yang ada di kota. Implementasinya adalah seperti ini yaitu ketika volume sampah di suatu tempat sudah melebihi kapasitas akan segera bisa diketahui oleh pihak yang berkaitan. Hal tersebut tidak lepas karena pergerakan dari sampah di sebuah tempat ini bisa dipantau dari jarak yang jauh.

  1. Smart Electricity

Kebutuhan akan lisrik pastinya adalah kebutuhan paling mutlak di sebuah kota. Tanpa adanya pengaturan listrik pastinya hal tersebut akan menjadi masalah yang besar. Untungnya, kota yang memiliki konsep kota pintar sudah memiliki solusi yang jitu akan masalah tersebut. Solusi tersebut adalah smart electricity yang bisa mengatur dan mengetahui daya pemakaian listrik.

  1. Connected Manhole

Terakhir adalah internet dimanfaatkan untuk memantau gorong yang berada di bawah tanah sebuah kota. Pemanfaatan ini sendiri seringkali juga disebut dengan connected manhole. Dengan adanya connected manhole ini maka apabila terjadi masalah pada gorong-gorong tersebut akan segera diketahui. Jadi hal ini bisa mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang pemanfaatan internet pada smart city. Sesuatu yang pastinya akan sangat membantu kehidupan sehari-hari bagi Anda yang tinggal di kota dengan konsep tersebut. Tidak heran apabila kemudian muncul banyak kota yang mencoba menerapkan konsep yang satu ini.

shares